Rabu, 09 Mei 2012
Analisa kasus PT INDOFOOD (Management Control System)
PT
indofood beroperasi dalam 4 group
- PT indofood CBP Sukses Makmur (produksi makanan dan minuman)di Jakarta
- Bogasari (produsen tepung dan pasta)
- Agrbisnis ( memasok bahan baku kepada group lain)
- distribusi ( pengiriman ke group maupun konsumen)
permasalahan
- berdasar informasi diatas apakah sebaiknya strategi tingkat korporat indofood? >> PT indofood menggunakan strategi Fungsional diversifikasi,karena PT indofood memiliki aneka macam bidang usaha yang saling mendukung satu sama lain,
- jelaskan tingkat ketergantunga satu sama lain dan tingka diversifikasi indofood dibanding struktur organisasi yang lain >> Agrbisnis mengirimkan bahan baku yang diproduksi atau digunakan oleh BOGASARI untuk membuat tepung dan pasta selanjutnya BOGASARI mengirimkan tepung dan pasta untuk dilakukan produksi lebih lanjut oleh PT Indofood menjadi makanan dan minuman yan siap dikonsumsi.sedangkan peran Bagian distribusi adalah jasa pengiriman barang(produk makanan dan minuman ke konsumen/pemasok) ataupun mengirimkan bahan antar group.
- tingkat diversifikasi indofood lebih menguntungkan karena dengan efektif dan efisiensi dalam hal biaya dan kinerja manajement
- keunggulan bersaing generic secara umum>> menawarkan produk dengan harga yang lebih murah,laba cenderung stabil dan merata jika salah satu group jatuh bisa ditutupi dengan dengan laba group lain.
- implementasi pengendalian >> dilakukan pengendalian atas setiap group dimana struktur organisasi fungsional berperan disini,perlu adanya insentif untuk karyawan,dan SDM yang memadai untuk menghasilkan output kinerja yang berkualitas dan tentunya rotasi jabatan agarterhindar dari perselisihan antar divisi.
0 komentar:
Posting Komentar