Selasa, 22 Januari 2013
ANALISIS UKURAN-UKURAN UNIT BISNIS STRATEJIK
Tugas Manajemen Biaya@Akuntansi
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan biaya
Biaya untuk UBS mencakup departemen-departemen manufaktur langsung seperti departemen perakitan dan penyelesaian, dan pendukung manufaktur seperti penanganan bahan, pemeliharaan, dan teknis. Departemen manufaktur langsung dan departemen dukungan manufaktur sering kali dievaluasi sebagai biaya untuk UBS karena manajer-manajer ini memiliki pengendalian yang sedikit atas pendapatan atau pembuat keputusan dalam investasi masing-masing.
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan pendapatan
Departemen pemasaran dapat dipandang sebagai suatu pendapatan untuk UBS maupun sebagai suatu biaya untuk UBS. Tanggung jawab pendapatan untuk UBS bermula dari kenyataan bahwa departemen pemasaran mengelola proses pemunculan pendapatan.
Laporan pendapatan digunakan oleh manajemen puncak untuk menilai kinerja manajer pemasaran dalam mencapai tujuan-tujuan penjualan yang diinginkan
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan laba
Tujuan manajer laba untuk UBS adalah laba. Suatu keunggulan kunci dari laba untuk UBS adalah bahwa laba UBS ini menempatkan insentif-insentif manajer dalam kesebangunannya dengan insentif-insentif manajemen puncak, untuk memperbaiki profitabilitas perusahaan.UBS juga memotivasi manajer – manajer individual karena dengan memperoleh laba mereka memberikan kontribusi secara langsung pada keberhasilan perusahaan. Untuk alasan-alasan inilah, laba untuk UBS memenuhi tujuan-tujuan motivasi dan pembuatan keputusan dari pengendalian manajemen.
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan Investasi
UBS investasi digunakan untuk mengevaluasi manajer-manajer UBS, karena dampaknya yang kuat pada motivasi dan tujuan kongruen sasaran dari UBS, manajer diberi penghargaan atas kontribusi unit-unit usaha pada total laba yang dihasilkan perusahaan.
Ukuran UBS investasi yang paling sering digunakan yaitu ROI (Return On Investment).ROI merupakan persentase,semakin besar persentase nya investasi yang diukur denga ROI semakin bagus.
Kesimpulan : Pada dasarnya UBS biaya, pendapatan, laba, investasi dalam ukuran yang berbeda-beda sesuai kebijakan perusahaan tetapi mempunyai peran dan tujuan yang sama yaitu :
Memotivasi menajer-manajer untuk mengadakan suatu tingkat usaha yang tinggi untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Memberikan insentif-insentif yang tepat bagi manajer untuk membuat keputusan yang konsisten dengan tujuan-tujuan manajemen puncak.
Menentukan secara adil penghargaan-penghargaan yang diperoleh manajer atas usaha dan keterampilan mereka.
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan biaya
Biaya untuk UBS mencakup departemen-departemen manufaktur langsung seperti departemen perakitan dan penyelesaian, dan pendukung manufaktur seperti penanganan bahan, pemeliharaan, dan teknis. Departemen manufaktur langsung dan departemen dukungan manufaktur sering kali dievaluasi sebagai biaya untuk UBS karena manajer-manajer ini memiliki pengendalian yang sedikit atas pendapatan atau pembuat keputusan dalam investasi masing-masing.
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan pendapatan
Departemen pemasaran dapat dipandang sebagai suatu pendapatan untuk UBS maupun sebagai suatu biaya untuk UBS. Tanggung jawab pendapatan untuk UBS bermula dari kenyataan bahwa departemen pemasaran mengelola proses pemunculan pendapatan.
Laporan pendapatan digunakan oleh manajemen puncak untuk menilai kinerja manajer pemasaran dalam mencapai tujuan-tujuan penjualan yang diinginkan
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan laba
Tujuan manajer laba untuk UBS adalah laba. Suatu keunggulan kunci dari laba untuk UBS adalah bahwa laba UBS ini menempatkan insentif-insentif manajer dalam kesebangunannya dengan insentif-insentif manajemen puncak, untuk memperbaiki profitabilitas perusahaan.UBS juga memotivasi manajer – manajer individual karena dengan memperoleh laba mereka memberikan kontribusi secara langsung pada keberhasilan perusahaan. Untuk alasan-alasan inilah, laba untuk UBS memenuhi tujuan-tujuan motivasi dan pembuatan keputusan dari pengendalian manajemen.
Unit Bisnis Stratejik berdasarkan Investasi
UBS investasi digunakan untuk mengevaluasi manajer-manajer UBS, karena dampaknya yang kuat pada motivasi dan tujuan kongruen sasaran dari UBS, manajer diberi penghargaan atas kontribusi unit-unit usaha pada total laba yang dihasilkan perusahaan.
Ukuran UBS investasi yang paling sering digunakan yaitu ROI (Return On Investment).ROI merupakan persentase,semakin besar persentase nya investasi yang diukur denga ROI semakin bagus.
Kesimpulan : Pada dasarnya UBS biaya, pendapatan, laba, investasi dalam ukuran yang berbeda-beda sesuai kebijakan perusahaan tetapi mempunyai peran dan tujuan yang sama yaitu :
Memotivasi menajer-manajer untuk mengadakan suatu tingkat usaha yang tinggi untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Memberikan insentif-insentif yang tepat bagi manajer untuk membuat keputusan yang konsisten dengan tujuan-tujuan manajemen puncak.
Menentukan secara adil penghargaan-penghargaan yang diperoleh manajer atas usaha dan keterampilan mereka.
0 komentar:
Posting Komentar